Kesehatan: Habis Minum Kopi Jadi Mules

2074
menyambut ramadhan

Minum Kopi Jadi Mau BAB

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok. Saya mau tanya, setiap habis minum kopi kenapa langsung tarasa hajat buang air besar. Apa pengaruhnya Dok? Apakah saya harus menghindari kopi? Tolong beri penjelasan dok.

Terima kasih.

Dari: Doni

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan. Semoga sedikit keterangan dibawah ini dapat membantu.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa salah satu kandungan kopi, yakni kafein, memiliki efek stimulan pada saraf dan otot saluran pencernaan, termasuk usus besar dan rektum (bagian ujung usus besar sebelum anus).  Dampaknya adalah kontraksi otot-otot usus besar untuk mengeluarkan sisa pembuangan makanan dari dalam tubuh, sehingga timbul dorongan untuk buang hajat seperti yang dikeluhkan. Kemungkinan kuat lemahnya efek stimulasi ini dipengaruhi oleh sensitivitas individu terhadap kafein dan konsentrasi kafein dalam kopi yang dikonsumsi (meskipun faktor kedua ini lebih sedikit pengaruhnya). Efek ini tidak sama dengan diare, karena hanya menstimulasi otot saluran cerna dan tidak merusak sel-sel usus bagian dalam.

Dari keterangan di atas, Saudara tidak perlu menghindari kopi jika memang perlu mengonsumsinya, cukup memilih jenis kopi dengan kandungan kafein yang rendah, meminum kopi dalam jumlah yang lebih sedikit, dan hindari mengonsumsi kopi ketika pagi hari (yang normalnya adalah siklus pembuangan bagi saluran pencernaan). Jika keluhan tetap dirasakan, kemungkinannya Saudara memang memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap kopi, sehingga mungkin perlu menggantinya dengan minuman lain jika tidak tahan terhadap efek tersebut.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alakum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com