Berbahayakah Jika Hamil Lagi di Usia 35-40?

0
850

Ingin hamil lagi diusia kepala tiga

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Begini Dok, saat ini usia saya 37 tahun dan saya ingin sekali tahun ini punya anak lagi? Mengingat anak saya cuma 1 cewek sudah umur 9 tahun. Yang ingin saya tanyakan berbahayakah kalau saya hamil lagi? Dari segi kesehatan fisik Alhamdulillah saya ga punya penyakit yang berbahaya/sehat? Tolong kasih penjelasan biar hati saya lega ya Dok. Atas jawaban Dokter, saya ucapkan banyak terima kasih. Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh?

Dari: Lathifatul Aisyah

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Ibu yang dirahmati Allaah Subhanahu wa Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang Ibu ajukan.

Hamil diusia di atas 35 tahun, sepanjang kondisi kesehatan Ibu memang baik, insya Allah tidaklah membahayakan kesehatan Ibu. Kehamilan di atas usia 35 tahun memang sedikit lebih berisiko bagi wanita, namun risiko tersebut adalah terhadap janin yang dikandungnya, yaitu risiko keguguran, hamil anggur, dan kecacatan janin, yang diduga karena perubahan genetik pada sel telur.

Meski demikian, sebaiknya Ibu tetap menjalani pemeriksaan kesehatan yang rutin selama hamil, untuk memantau kondisi Ibu dan mendeteksi dini jika terdapat masalah pada kehamilan.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

SHARE
Previous articleKhasiat Buah Merah
Next articleIstri Murtad, Apa yang Harus Aku lakukan?
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY