Cara Mengatur Jarak Kelahiran

1962
kesehatan ibu dan anak

Kesehatan: Tips Mengatur Jarak Kelahiran

Pertanyaan:

Bismillah.

Semoga Allah Senantiasa melimpahkah rahmat-Nya kepada kita semua.

Saya mau tanya Dokter. Bagaimana cara kita menjaga atau mengatur jarak kelahiran anak menurut Islam, sedangkan kami malakukan hubangan suami istri 4 x dalam seminggu.

Mohon bantuannya.

Syukron

Dari: Dedi

Jawaban:

Pengaturan jarak kelahiran alami bisa menggunakan sistem kalender, dengan memperhatikan waktu-waktu ovulasi istri Bapak, yang diketahui dari keteraturan siklus haidnya, kenaikan hormon LH yang drastis beberapa jam-1 hari sebelum ovulasi.

Kenaikan suhu basal tubuh yang dapat dideteksi menggunakan termometer rektal, perubahan konsistensi lendir rahim yang menjadi lebih tipis dan mulur, dan rasa tidak nyaman pada bagian perut bawah yang terkadang disertai spotting.

Hubungan bisa dihentikan sementara sekitar 5 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelahnya. Pada periode ini, untuk menggantikan hubungan, dapat dilakukan dengan rangsangan pada bagian tubuh istri mana saja kecuali jalan lahir dan dubur. Atau jika melakukan hubungan, untuk menghindari kehamilan dapat dilakukan azl (menarik keluar batang penis sebelum ejakulasi sehingga ejakulasi terjadi di luar tubuh istri).

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kondom. Meskipun demikian, cara ini masih memiliki peluang meskipun sangat kecil untuk terjadinya kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)