Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

FIKIH, Ibadah, Zakat

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Uang yang Ditabung Pada Akhir Tahun?

Pertanyaan:

Jika seorang Muslim menabung sejumlah uangnya, bagaimana cara menghitung zakatnya di akhir tahun?

Jawaban:

Hendaknya seorang Muslim men-zakati semua harta yang dimilikinya baik yang berupa uang maupun barang dagangan jika telah satu tahun dimiliki. Harta yang dimilikinya sejak Ramadhan harus dizakati pada Ramadhan berikutnya, juga uang gaji atau barang dagangan yang dimiliki sejak Sya’ban harus dizakati pada Sya’ban berikutnya, juga harta yang dimilikinya sejak Dzulhijjah harus dizakati pada Dzulhijjah berikutnya.

Demikianlah jika harta-harta tersebut telah dimiliki selama setahun penuh, maka dizakati pada setiap awal tahun. Jika si pemilik ingin mengeluarkan zakat sebelum genap setahun untuk kemaslahatan syar’i, maka boleh juga, bahkan ia akan memperoleh pahala yang besar. Adapun kewajiban mengeluarkannya hanya apabila telah genap setahun.

Majalah al-Buhuts, edisi 35, hal. 98-99, Syaikh Ibnu Baz.

Sumber: Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, penerbit Darul Haq.

Sumber: fatwaulama.wordpress.com

🔍 Jual Beli Saham Menurut Islam, Insya Allah Atau Insyaallah, In Sya Allah, Qobiltu Nikahaha Arab, Adzan Kaligrafi Kufi, Cara Bersetubuh Menurut Islam Dunia

QRIS donasi Yufid