Tertelan Serangga yang Hinggap di Makanan

2444
tertelan serangga
menyambut ramadhan

Tertelan Serangga yang Hinggap di Makanan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dokter, bahayakah terhadap kesehatan makanan/minuman yang sudah didatangin/dikerubunin oleh serangga seperti semut? Dan jika semut tersebut sampai tertelan adakah penyakit  yang mungkin bisa timbul dan bagaimana penanganannya? Biasanya jenis serangga apa yang dapat menimbulkan penyakit jika serangga tersebut telah mendatangi makanan/minuman?

Dari: Muhammad Taufiq

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Makanan atau minuman yang telah didatangi serangga, semisal semut, dapat kita perkirakan bahwa kebersihannya berkurang dibandingkan yang belum tersentuh, sebab serangga tersebut biasanya juga membawa bakteri atau kotoran renik yang menempel pada tubuh atau kakinya. Sepengetahuan kami, jika semut yang tertelan, khususnya dalam jumlah kecil, dan jenisnya adalah semut rumahan, semut akan tercerna dan terurai oleh asam lambung yang sangat kuat, dan cenderung tidak memiliki efek yang dapat membahayakan jiwa manusia. Namun tentu hal ini mungkin berbeda pada semut dengan racun yang lebih kuat.

Jenis serangga yang dapat membahayakan manusia jika hinggap pada makanan, salah satu yang paling menonjol adalah lalat, yang sudah terkenal dengan sebagai pembawa kuman dari luar karena kesenangannya hinggap di tempat yang kotor sehingga ketika hinggap di makanan atau minuman turut membawa kuman tersebut. Salah satu sayap lalat, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullaah shallallaahu’alaihi wa sallam membawa penyakit, sehingga jika terjatuh ke dalam minuman, kedua sayapnya harus dibenamkan untuk mendapatkan penawar racun tersebut, kemudian lalat tersebut dapat dibuang.

Allahu ta’ala a’lam.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

SHARE
Previous articleHak Bertetangga
Next articleKitab Suci Agama Syiah
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.