Buah Zakar Tinggal Satu, Apakah Masih Produktif?

4738
telur burung

Buah Zakar Tinggal Satu

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dulu waktu SMP, saya terkena hernia dan akibatnya buah zakar sebelah kiri saya mengecil dan tidak berfungsi lagi. Apakah dampak negatif pada kualitas sperma saya? Apakah tingkat kemandulannya tinggi dan langkah apa yang harus diambil untuk tetap menjaga kualitas dan kesuburan sperma?

Terima kasih

Dari: Joko

Jawaban:

Testis hanya satu berdampak kepada jumlah sperma yang dihasilakan karena fungsi testis (buah zakar) adalah sebagai penghasil sperma.  Maka jelas kesuburan pria dengan satu testis berkurang jika dibandingkan dua testis, jumlahnya lebih berkurang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena jika kondisi kesehatan dan  fisik baik, maka ada peluang masih bisa membuahi karena dari sekian juta sperma yang dihasilkan hanya beberapa saja yang berusaha mendekati sel telur. Ini jika sel sperma juga baik secara kualitas.

Untuk pastinya , Anda bisa konsultasi ke dokter (lebih baik lagi  spesialis andrologi). sperma Anda akan diperiksa jumlahnya, morfologi, dan potensinya dalam melakukan pembuahan. Jika terbukti produksi sperma-nya kurang baik, maka dokter biasanya akan memberikan terapi hormon untuk memperbaiki produksi sperma baik secara kualitas maupun kuantitas. Selain terapi hormon, pola makan dan gaya hidup yang baik untuk memproduksi sperma yang berkualitas.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: [email protected] untuk menjadi sponsor.