Terjadi Pendarahan Saat Hamil, Apakah Keguguran?

3454
darah haid dan keguguran
menyambut ramadhan

Pendarahan Saat Hamil

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Pertanyaan pertama: saya mau bertanya masalah kehamilan istri saya yang baru 3 bulan. Istri saya beberapa hari ini mengeluarkan darah kental yang berwarna kecoklatan. Apakah itu termasuk suatu hal dalam proses kehamilan atau hal yang wajar ada saat kehamilan tersebut? Apakah ada masalah yang serius pada janin istri saya? Mohon penjelasan buat Dokter.

Jazakumullah khair.

Dari: Ahmad

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Keluarnya darah pada kehamilan kurang dari 24 minggu, terlebih jika darah keluar dalam jumlah banyak, terus-menerus, dan disertai rasa nyeri di bagian bawah perut, kemungkinan disebabkan oleh proses gugurnya janin. Pada kondisi ini, kami sarankan Bapak untuk sesegera mungkin memeriksakan istri ke dokter kandungan untuk mengetahui sebab pendarahan dan kondisi janin. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG lewat perut (atau sebelumnya lewat vagina yang hasilnya lebih akurat, namun jika keluarga tidak setuju, maka USG lewat perut merupakan pilihannya), untuk memeriksa kondisi rahim ibu. Terdapat beberapa kemungkinan hasil USG, diantaranya adalah:

  • Denyut jantung janin masih tampak di dalam rahim. Pada pemeriksaan dalam, leher rahim masih tertutup. Pada kondisi ini, keguguran masih berupa ancaman, dan peluang gugur atau tetap hidup masih sekitar 50%-50%.
  • Tidak ditemukan denyut jantung janin. Pada pemeriksaan dalam, leher rahim telah membuka. Pada kondisi ini, positif telah terjadi keguguran.
  • Tidak ditemukan janin. Temuan ini mengindikasikan adanya penyebab lain dari pendarahan, misalnya kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim).

Pada kondisi belum terjadinya keguguran, dokter kemungkinan akan meminta ibu untuk tirah baring dan memberikan obat untuk menguatkan kandungan atau mencegah kontraksi.

Semoga Allah Ta’ala menjaga Bapak sekeluarga dan memudahkan kehamilan istri Bapak hingga lahirnya nanti.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur