Benjolan di Kelopak Mata

3288
sakit mata merah

Benjolan di Kelopak Mata

Pertanyaan:

Assallamu’alaikum.

Saya mau tanya, mata saya terdapat benjolan. Benjolan tersebut terletak di bagian bawah kelopak mata. Ketika benjolan tersebut saya tekan, benjolan tersebut mengeluarkan cairan yang hanpir mirip dengan cairan yang keluar ketika jerawat di pecahkan. Mohon penjelasan mengenai benjolan tersebut?

Syukron Katshiron.

Assallamu’alaikum.

Dari: Febi Adrian

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Benjolan pada kelopak mata, khususnya pada tepi-tepinya, kemungkinan besar merupakan suatu kondisi yang disebut dengan kalazion atau hordeolum. Kalazion merupakan keadaan tersumbatnya muara kelenjar meibom pada kelopak mata yang menimbulkan peradangan namun tanpa disertai infeksi, biasanya tampak sebagai benjolan yang tidak nyeri. Sedangkan hordeolum (eksternal) merupakan peradangan akut pada kantung bulu mata atau kelenjar sekitarnya yang disebabkan oleh bakteri, benjolannya biasanya kemerahan, bengkak, disertai rasa nyeri, dan adanya nanah. Hordeolum internal yang lebih jarang terjadi, adalah infeksi kelenjar meibom dengan ciri adanya benjolan menyerupai kalazion, namun disertai rasa nyeri dan pembengkakan kelopak mata, demam dan menggigil.

Baik kalazion maupun hordeolum eksternal umumnya dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari sampai beberapa minggu. Pematangan dan keluarnya nanah pada hordeolum eksternal dapat dipercepat dengan menggunakan kompres hangat di daerah yang sakit sekitar 10-15 menit, beberapa kali dalam sehari. Hordeolum interna jarang menyembuh dengan sendirinya dan biasanya memerlukan pengobatan yang lebih serius.

Meski demikian, karena diagnosis pasti pada kelainan seperti ini memerlukan pemeriksaan fisik langsung, kami sarankan Saudara tetap memeriksakan diri ke dokter. Disamping itu, kami juga tidak menyarankan untuk memencet atau mencoba memecahkan benjolan karena dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur