Remaja Hamil Diluar Nikah, Ibu Menyuruh Menggugurkan Kandungan

Minum Jamu Pelancar Haid untuk Menggugurkan Kandungan

Pertanyaan:

Asalamualaikum.
Saya wanita muda yang hamil diluar nikah dan ibu saya belum mau jika saya mempunyai seorang anak dulu. Maka dari itu ibu saya meyuruh saya untuk meminum jamu pelancar haid dan kapsul pelancar haid. Setelah meminum keduanya perut saya terasa sakit. Apakah ini pertanda saya keguguran?

Dari: Fulanah

Jawaban:

Wa’alaikumussalam.

Sebelumnya, semoga anda menyadari bahwa apa yang anda perbuat melakukan aborsi adalah haram dan salah, baik secara agama Islam, secara medis dan secara hukum. Aborsi yang anda lakukan adalah jenis abortus provokatus, yaitu aborsi tanpa indikasi secara medis. Kami sangat menyarankan anda tidak melakukanya.

Solusinya adalah anda segera bertaubat dengan taubat nasuha, kemudian mengajak berbagai pihak seperti Ustadz yang paham ilmu agama, dokter yang paham ilmu kesehatan, orang tua dan teman yang bisa anda percaya untuk bermusyawarah mencari solusi terbaik masalah ini. Semua pasti ada jalan keluar dan solusinya. Anda tidak perlu malu dan anda perlu merasa kasihan dengan naluri keibuan nada bahwa janin tidak berdosa tersebut adalah anak anda. insyaAllah segala macam kesempitan yang anda asakan akibat perbuatan anda sendiri, akan menjadi lapang dengan kesabaran dan musyawarah. Karena ini yang diperintahkan Allah.

Allah Ta’ala berfirman,

وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” [Ali Imran: 159]

Mengenai jamu dan kapsul pelancar haid, memang sering digunakan untuk menggugurkan kandungan. Karena umumnya jamu dan kapsul ini dimasukkan oleh pembuat yang tidak bertangungjawab obat, yaitu Prostaglandin. Obat bisa menimbulkan ketegangan otot dan memicu kontraksi rahim. Akan tetapi penggunaannya tanpa aturan bisa membahayakan, bukan saja bisa menggugurkan kandungan tetapibisa membuat perdarahan hebat, nyeri perut sampai kerusakan pada rahim/ karena itu penggunaan jamu dan kapsul ini berbahaya.

Adapun sekedar sakit perut, belum tentu keguguran. Perlu diperiksa lebih lanjut. Semoga saja belum keguguran. Saran kami, sebaiknya anda segera periksakan diri ke dokter kandungan kemudian bermusyawarah segera untuk mmencari solusi terbaik.

Semoga anda diberikan kemudahan oleh Allah. Amin.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (alumni FK UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM)

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur