Usia 14 Tahun, Belum Haid

0
6689
haid yang aneh

Umur 14 Tahun Belum Juga Haid

Saya 14tahun dan masih belum pernah dtg haid. Saya sangat risau. Apakah sebabnya?? Jika saya masih belum haid pd umur 16 tahun, haruskah saya melakukan apa apa pembedahan? Terima kasih.

Dari Farah

Jawaban:

Apabila seorang wanita yang belum pernah haid (amenorrhea) belum mengalami tanda-tanda pubertas (pembesaran payudara, tumbuhnya rambut pubis dan ketiak) pada usia 13 1/2 tahun, atau belum tumbuh rambut pubis pada usia 14 tahun meski terdapat pembesaran payudara, maka kondisi tersebut memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Begitu juga apabila karakteristik seksual sekundernya berkembang namun pada usia 16 tahun belum juga menstruasi, atau 2 tahun setelah tanda pubertas lain muncul. Penyebab dari kondisi tersebut beragam, diantaranya:

  1. Gangguan kesehatan pada organ hipotalamus dan/atau hipofisis di otak, misalnya defek genetik yang mempengaruhi fungsinya atau adanya tumor.
  2. Fungsi organ tiroid yang tidak normal
  3. Kelebihan produksi hormon prolaktin (hiperprolaktinemia)
  4. Kegagalan fungsi ovarium (ovarian failure)
  5. Kelebihan produksi hormon androgen
  6. Penyakit genetik lainnya
  7. Adanya sumbatan jalan keluar darah menstruasi, seperti himen yang utuh (himen imperforata), atau rahim yang berkembang tidak sempurna sehingga darah tidak bisa keluar dari rahim.

Pemeriksaan biasanya menggunakan metode non-operatif, seperti pengukuran kadar hormon dalam darah, analisis kromosom, dan pencitraan seperti USG, CT scan, atau MRI. Untuk terapinya, umumnya selain tumor, jika memang memungkinkan untuk diterapi agar terjadi ovulasi, biasanya tidak menggunakan pembedahan, namun lebih kepada penggunaan obat-obatan hormonal, tergantung penyakit yang mendasarinya.

Kami sarankan Saudari untuk tetap bersabar, mungkin saja menstruasinya sedikit terlambat, menjaga berat badan agar ideal, dan memohon pertolongan serta kemudahan dari Allah Ta’ala dalam menghadapi kondisi ini.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur