Mengatasi Nyeri Bekas Jahitan Operasi

19849
bekas operasi cesar

Nyeri Bekas Jahitan Operasi

Pertanyaan :
Assallamualaikum wr.wb dr yang saya hormati…
Saya seorang ibu rumah tangga, umur saya sekarang 40 th, pernah oprasi cesar pada usia 34 th. tepatnya tahun 2007. Sekarang 2 tahun belakangan ini sering sekali nyeri pada bekas jahitan,panas seperti tangan kita kalau terkena cabai. Yang ingin saya tanyakan apa penyebabnya ya dok..dan kira kira bahaya atau tidak…
Selama 2 thun ini kalau terasa nyeri saya hanya minum obat tetracycline biasanya langsung sembuh tapi sekarang seperti tidak ada reaksi terhadap obat yang saya minum,sekedar menambahkan saya di oprasi karna bayi saya meninggal di dalam dan plasenta menutup jalan lahir.
Saya mohon bantuanya dok trims atas jawabanya..
Semoga ALLAH membalas kebaikan dokter. wassalam.

Dari Ibu Amilia

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Nyeri, rasa panas, atau rasa tidak nyaman lainnya yang timbul pada luka bekas operasi caesar merupakan keluhan yang cukup banyak dirasakan oleh mereka yang menjalani operasi tersebut. Waktu timbulnya nyeri bervariasi, ada yg beberapa bulan setelah operasi, ada pula yg merasakannya beberapa tahun setelahnya, dsb. Beberapa kondisi yang diduga menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan tersebut antara lain adalah:

– Adhesi atau perlengketan bekas luka dengan organ lain dalam panggul, dimana serabut-serabut jaringan luka menempel dan menarik organ-organ lain tersebut, sehingga menimbulkan nyeri jika terjadi regangan pada jaringan luka.
– Endometriosis di bekas luka operasi. Pada saat operasi, sebagian kecil jaringan secara tidak sengaja dapat terbawa keluar rahim, dan menempel serta berkembang di bekas luka operasi. Karena jaringan ini dipengaruhi oleh hormon kewanitaan, maka selama wanita tersebut masih dalam masa subur, nyeri bisa saja dirasakan terus menerus.
– Proses penyembuhan luka itu sendiri. Proses alami ini biasanya cenderung menyebabkan rasa sedikit perih, panas, dan gatal di bekas luka, namun jarang menimbulkan nyeri yang berkepanjangan.

Pada asalnya kondisi-kondisi tersebut tidaklah membahayakan, namun dapat menurunkan kualitas hidup dan kesuburan wanita yang mengalaminya, khususnya jika yang dialami adalah endometriosis.

Jika rasa nyeri dan panas dirasakan semakin sering, kami sarankan Ibu untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan yang biasa menangani Ibu untuk mencari tahu penyebab pastinya. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan detail dan USG untuk memastikan penyebab tersebut.

Terkait dengan penggunaan obat tetrasiklin untuk mengatasi nyeri luka paska operasi, kami belum mengetahui dampak langsung obat terhadap luka, namun secara umum, karena obat ini adalah jenis antibiotik spektrum luas dengan banyak risiko efek samping, kami tidak menyarankan untuk mengkonsumsinya baik secara terus menerus maupun jika ada nyeri, kecuali ada rekomendasi jelas dari dokter kandungan mengenai efek positif dan cara penggunaannya yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur