Sering Telat Datang Bulan Tapi Belum Hamil

2934
haid yang aneh

Telat Bulanan Tapi Belum Hamil

Pertanyaan:

Assalammualaikum..saya indah, umur 21 thn, udah hampir 3 thun menikah,belum punya anak.padahal sering telat datang bulan.bagaimana solusinya?

Jawab

Wa’alaikumussalam,

Perlu ibu ketahui bahwa terlambat bulan belum tentu mengindikasikan kehamilan. Terlambat datang bulan bisa jadi karena beberapa hal berikut:

1. Sedang mengalami stres dan depresi
Menstruasi dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh, hormon yang mengatur menstruasi sangat erat kaitannya dengan pikiran. Ketika terjadi stres atau depresi, maka hormon akan tidak teratur sehingga menstruasi bisa terlambat.

2. Menggunakan kontrasepsi hormon seperti pil
Salah satu efek sampingnya adalah ketidakaturan menstruasi. Ini efek samping yang wajar karena kontrasepsi hormon berarti memberikan pengaruh terhadap hormon alami pengatur menstruasi.

3. Sangat kurus atau sangat gemuk
Bagi orang kurus, mungkin terkait dengan gizi. Gizi yang kurang mengakibatkan pengaturan menstruasi jadi tidak stabil. Begitu juga pada orang yang terlalu gemuk, karena ada yang berpendapat bahwa bahan dasar hormon pengatur menstruasi adalah golongan lemak.

4. Ada penyakit tertentu
Beberapa penyakit bisa menunda ovulasi yang kemudian akan menjadi haid. misalnya Polycystic ovary syndrome, yaitu penyakit dengan produksi hormon estrogen dan androgen berlebihan sehingga ovulasi tidak terjadi. Kemudian misalnya hypothyroid, yaitu kekurangan hormon thyroid yang bisa menyebabkan terganggunya menstruasi

5.Olahraga yang berlebihan
Beberapa atlet tak jarang mengalami gangguan pola menstruasi karena memang olahraga yang berat atau berlebihan bisa menimbulkan stress tubuh dan penggunaan energi berlebihan yang hal ini berdampaka pada pola menstruasi

Kami sarankan kepada anda, coba tetap rileks jika memang selama ini jenuh dengan pekerjaan atau ada suatu masalah yang sulit dipecahkan. Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebabnya.
Semoga Allah memudahkan.

Silahkan baca ini juga: Kiat-kiat Mendapatkan Keturunan

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial