Telinga Berdengung Sejak Lama

4150
benjolan di telinga

Telinga Berdengung

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Dok, saya laki-laki berumur 22 tahun. Saya memiliki gangguan telinga di sebelah kiri yg secara terus-menerus berdengung sejak sekitar 4 tahun yg lalu. Akhirnya saya periksakan ke rumah sakit. Setelah cek di audiometri, ternyata telinga normal. Dokter yg memeriksa mengatakan ada kemungkinan saya akan seperti ini selamanya dan akhirnya hanya menyuruh saya untuk membiasakan diri dengan dengungan di telinga kiri saya ini.

Saya masih belum puas dengan arahan dokter yg memeriksa tadi. Dari 4 tahun yg lalu, saya sering stres saat suasana sepi. Apalagi menjelang tidur malam, suara dengungan terdengar semakin keras dan membuat saya sulit tidur sehingga siklus tidur saya terganggu. Mohon arahannya, Dok. Apakah bisa sembuh? Dan bagaimana cara menyembuhkannya? Terimakasih.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam

Telinga berdengung  dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus yaitu bunyi seperti berdengung, berdering, berdesir, atau suara yang lainnya yang dirasakan berasal dari telinga atau kepala.  Telinga berdengung umumnya tidak berbahaya dan pada beberpa kasus terjadi beberpa saat dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi terlalu sering juga bisa menjadi sebuah gangguan.
Telinga berdengung bukanlah penyakit tersendiri, akan tetapi ada penyebab yang mendasarinya. Penyebabnya bisa:

  • Usia lanjut yang mengakibatkan kerusakan ujung-ujung mikroskopik dari syaraf pendengaran didalam telinga bagian dalam.
  • Terlalu sering mendengar suara keras dan bising.
  • Adanya kotoran telinga dan cairan didalam telinga yang tersimpan lama.
  • Penggunaan beberapa obat misalnya aspirin.
  • Penyakit tertentu, misalnya Meniere’s syndrome atau tumor otak (acoustic tumor).

Pada kasus anda bisa jadi terjadi cacat permanen sehingga dokter mengambil kesimpulan seperti itu. Saran kami, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT yang lain untuk mendapatkan second opinion.
Semoga Allah menyembuhkan penyakit anda

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (pengasuh kesehatan konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial