Mengobati Tangan Tertusuk Paku Berkarat

tertusuk paku berkarat

Tertusuk Paku Berkarat

Bagaimana cara kita mengobati tangan atau jari kita terkena paku yang berkarat..

Dari Uzie

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Risiko yang dikhawatirkan timbul dari luka akibat paku berkarat adalah penyakit tetanus. Luka yang berisiko menimbulkan tetanus adalah luka yang dalam/luka tusuk, dimana dasar luka sulit terlihat. Dalam luka juga lebih panjang dibandingkan lebar luka yang tampak dari luar. Kondisi luka seperti itu memungkinkan berkembangnya bakteri tetanus yang sifatnya anaerob. Jika mengalami luka tusuk akibat paku berkarat dan status imunisasi tetanus tidak diketahui atau telah lama tidak dibooster, maka sebaiknya, setelah darah berhenti dan luka dibersihkan dengan air mengalir, sebaiknya luka segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat, dan penderita mendapatkan suntikan anti tetanus.

Namun jika luka sifatnya lecet atau gores saja, tidak diharuskan untuk diperiksakan ke dokter dan mendapatkan suntikan anti tetanus. Luka cukup dibersihkan dengan air mengalir dan kasa steril hingga bersih dari kotoran, dan diberikan antiseptik seperti povidone iodine dan dibiarkan terbuka agar mengering.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Hafids (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial