Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

Manajemen Qolbu, Nasehat

Bolehkah Menggunakan Ayat “Sungguh Allah Maha Pengampun” Sebagai Pembenar Perbuatan Maksiat?

Pertanyaan:

Bagaimana pendapat Syaikh yang mulia jika seseorang dinasihati agar meninggalkan perbuatan dosa, lalu berdalih menggunakan firman Allah,

فَإِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

Sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.” (QS. al-Baqarah: 192).

Jawaban:

Jika ia ber-hujjah demikian, maka hendaklah kita membantahnya dengan firman Allah,

نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُوْر ُالرَّحِيْمُ. وَ أَنَّ الْعَذَابِيْ هُوَ الْعَذَابُ الْعَلِيْمُ

Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa sungguh Akulah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, dan bahwa sungguh azab-Ku adalah azab yang sangat pedih.” (QS. al-Hijr: 49-50).

اِعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ وَأَنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

Ketahuilah bahwa sungguh Allah amat berat siksa-Nya dan bahwa sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.” (QS. al-Maidah: 98).

Kalau ia membawakan ayat-ayat yang mengandung harapan sebagai lawan dari ayat-ayat yang mengandung ancaman, maka jawaban orang itu hanyalah dimaksudkan untuk melecehkan. Terhadap orang seperti ini kita mengatakan, “Takutlah kepada Allah. Laksanakan kewajiban Anda kepada Allah dan mohonlah ampun kepada-Nya, sebab tidak semua orang yang melaksanakan kewajibannya kepada Allah dapat melakukannya dengan sebaik-baiknya.” (Syaikh Ibnu Utsaimin, Mizanusy Syari’ah, hal. 10-11).

Sumber: Fatwa Kontemporer Ulama Besar Tanah Suci, Media Hidayah, Cetakan 1, Tahun 2003.
(Dengan penataan bahasa oleh redaksi www.konsultasisyariah.com)

🔍 Hukum Rebonding Rambut Dalam Islam, Doa Dijauhkan Dari Fitnah Dunia Dan Akhirat, Doa Agar Bayi Tidak Cengeng, Sholat Qobliyah Badiyah, Hukum Puasa Nazar, Sperma Keluar Diluar

QRIS donasi Yufid