PERTANYAAN PEMBACA

Hukum Biaya Pendaftaran dan Biaya Bulanan

penukaran-uang

Hukum Biaya Pendaftaran dan Biaya Bulanan

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustazd, saat ini saya sedang menjalankan usaha ticketing online yang alhamdulillah hari demi hari terlihat peningkatannya.  Di bidang ini saya kemudian membuka kesempatan kepada siapa saja untuk menjadi mitra usaha  mencakup seluruh kawasan di  tanah air yang tercinta ini. Dalam konsep kemitraan ini saya menawarkan sistem bagi hasil profit 80% : 20% yang mana dari setiap penjualan yang dilakukan  mitra, maka mitra tersebut akan mendapatkan komisi 80% dari total komisi yang diberikan oleh maskapai kepada saya. Sistem kemitraan yang terjalin ini bukanlah sistem  MLM. Jadi terbatas hanya antara saya sendiri dengan mitra tersebut.

Ustadz, dalam hal kemitraan ini saya memberlakukan biaya pendaftaran (misal Rp300.000) karena dalam operasionalnya saya juga harus membayar biaya bulanan kepada server. Untuk lebih meringankan calon mitra saya berpikir untuk menghilangkan biaya pendaftaran namun akan memberlakukan biaya bulanan yang besarannya tentu lebih kecil dari biaya pendataran  (misal Rp10.000/bulan).

Dalam menjalankan usaha ini saya sangat khawatir dengan metode yang saya sebutkan tadi. Untuk itu saya sangat mengharapkan penjelasan dari Ustadz halalkah apa yang tengah saya jalankan ini?
Jazakumullahu khoir

Dari: Hasibuan

Jawaban:
Wassalamualaikum

Saudara Hasibuan semoga usaha Anda diberkahi Allah.
Insya Allah usaha Anda dengan cara tersebut di atas adalah halal.
Wassalamu’alaikum

Dijawab oleh Ustadz Dr. Muhammad Arifin Baderi (Dewan Pembina Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

🔍 Cara Menghilangkan Sifat Pemarah Menurut Islam, 77 Tanya Jawab Seputar Shalat: Shalatlah Sebagaimana Kalian Melihatku Shalat, Bolehkah Keramas Saat Haid Menurut Kesehatan, Akibat Sering Ngocok, Arti Mimpi Ambil Air Wudhu, Surat Pertama Yang Diturunkan

QRIS donasi Yufid

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.