Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

FIKIH, Hutang Piutang, Muamalah

Apa Hukum Menunda Membayar Hutang?

Pertanyaan:

Apakah hukum menunda-nunda pembayaran hutang orang yang mampu? Mohon penjelasan rinci.

Jawaban:

Tidak diperbolehkan bagi orang yang mampu untuk menunda-nunda hutang, yaitu penundaan yang dilakukan oleh orang yang mampu membayar apa yang wajib dia tunaikan. Yang demikian itu sesuai dengan apa yang ditegaskan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda:

“Penundaan pembayaran hutang oleh orang yang mampu adalah suatu kezhaliman; dan jika salah seorang diantara kalian diikutkan kepada orang yang mampu, maka hendaklah dia mengikutinya.”

Wabillahit Taufiq. Dan mudah-mudahan Allah senantiasa melimpahkan kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, dan para Sahabatnya.

Sumber: Fatwa-Fatwa Jual Beli, Pustaka Imam Syafii, 1424 H – 2004 M

Dipublikasikan oleh: KonsultasiSyariah.com

🔍 Zodiak Menurut Islam, Lafal Muhammad, Cara Shalat Idul Fitri Dan Idul Adha, Keutamaan Shalat Sunnah Awwabin, Hukum Menikahi Janda Cerai Hidup, Al Quran Dengan Huruf Latin

QRIS donasi Yufid