Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

Dzikir dan Doa, FIKIH, Ibadah

Waktu Zikir Pagi dan Sore

dzikir-pagi-dan-sore

Pertanyaan:

Kapankah waktu mulainya zikir pagi dan zikir sore. Apakah ada waktu terakhir untuk zikir?

Jawaban:

Yang ma’ruf (sudah diketahui bersama), bahwa waktu sore dimulai sejak tergelincirnya matahari sampai pertengahan malam, dan waktu pagi dimulai sejak terbitnya fajar sampai tergelincirnya matahari. Hanya saja, siapa yang berdzikir di waktu yang lebih dekat dengan subuh maka itu lebih tepat. Sebaliknya, semakin dekat dengan waktu sore (setelah asar) maka itu lebih tepat. Namun ada beberapa dalil yang menyebutkan bacaan zikir setelah maghrib. Seperti membaca ayat Kursi di malam hari atau membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari. Yang penting, teks hadis tentang zikir yang dikaitkan dengan waktu malam maka dilaksanakan malam hari dan teks hadis tentang zikir yang tidak dikaitkan dengan waktu malam maka (laksanakan di waktu sore) dan waktu sore cukup longgar.

Sumber: Liqa’at Bab Al Maftuh, volume: 192, no. 13
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

🔍 Hukum Suntik Saat Puasa Ramadhan, Suami Yang Harus Ditinggalkan, Orang Terakhir Yang Masuk Surga, Dzikir Sesudah Shalat Sesuai Sunnah, Arti Mimpi Disuruh Potong Rambut, Doa Mandi Bersih Setelah Berhubungan

QRIS donasi Yufid

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.