Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

FIKIH, Qurban

Bolehkah Memotong Kuku dan Rambut Ketika Qurban?

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum warahmatulloohi wabarakaatuh, Ustadz adakah dalilnya kalau ana berada di Indonesia akan melaksanakan qurban,sejak tanggal 1 Dzulhijah sampai 9 Dzulhijah tidak dibolehkan memotong kuku atau rambut? Dan bolehkah berqurban untuk saudara atau orang tua yang sudah meninggal? Jazaakallooh khair.

(Bedjan Santosa)

Ustadz Abdullah Roy, LC menjawab:

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuhu.
Iya, orang yang berniat untuk berqurban tidak diperbolehkan memotong kuku dan rambut, dalilnya sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

من أراد أن يضحي فلا يقلم من أظفاره ولا يحلق شيئا من شعره في عشر الأول من ذي الحجة

Artinya: “Barangsiapa yang akan berqurban maka jangan memotong kukunya dan jangan mencukur rambutnya pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.” (HR. An-Nasaa’I, dan dishahihkan Syaikh Al-Albany).

***

Diperbolehkan berqurban untuk saudara atau orangtua yang sudah meninggal, keterangan lebih jelas bisa di klik disini.

Sumber: tanyajawabagamaislam.blogspot.com

🔍 Hukum Bom Bunuh Diri, Tata Cara Rujuk Setelah Talak 1, Di Surga Ada Apa Saja, Buku Tata Cara Sholat, Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Muhammad Ya Robbi Sholli Alaihi Wasallim, Niat Puasa Bayar Nazar

QRIS donasi Yufid