Mari bersama untuk kehidupan kita kelak di akhirat.   BSI: 7086882242
a.n. Yayasan Yufid Network  

Seluruh dana untuk operasional produksi konten dakwah di Yufid: Yufid.TV, YufidEDU, Yufid Kids, website dakwah (KonsultasiSyariah.com, Yufid.com, KisahMuslim.com, Kajian.Net, KhotbahJumat.com, dll).

Yufid menerima zakat mal untuk operasional dakwah Yufid

FIKIH, Ibadah, Sholat

Apakah Hukum Membaca Basmalah dalam Sholat dengan Jahr (dikeraskan)?

Pertanyaan:

Apakah hukum membaca basmalah dalam shalat yang jahr (dikeraskan)?

Jawaban:

Apabila membaca “basmalah” dengan suara keras dalam shalat yang bersuara keras dilakukan sesekali, maka itu tidak mengapa, dan tidak semestinya dilakukan terusmenerus; karena yang diriwayatkan dari Sunnah Rasulullah dan para khulafâ` ar-rasyidîn, ialah, mereka tidak membaca “Bismillahir-Rahmanir-Rahîm” dengan suara keras. Mereka membaca al-Fâtihah dengan suara keras dalam shalat yang jahr, begitu juga dengan surat setelah al- Fâtihah. Sedangkan tentang “Bismillahir-Rahmanir-Rahîm”, tidak ada riwayat yang menjelaskan bahwa mereka membacanya dengan keras terus-menerus. Oleh karena itu, tidak sewajarnya kita membacanya dengan keras terus-menerus, namun jika dibaca dengan keras sesekali, maka itu tidak apa-apa.

Al-Muntaqâ min Fatâwâ Fadhilatisy-Syaikh Shâlih Fauzân, 5/32.

Sumber: bukhari.or.id

🔍 Sholat Dhuha Jam 10 Pagi, Hari Sabtu Menurut Islam, Pertanyaan Tentang Hukum Islam, Bolehkah Ibu Hamil Rebonding Rambut, Adab Mendengar Adzan, Hukum Arisan Emas

QRIS donasi Yufid