Bolehkah Memakai Cincin Perak?

Pertanyaan:

Kami (ingin) menanyakan hukum mengenakan cincin perak. Kalau memang boleh, apakah dikenakan di tangan kanan atau tangan kiri?
Syekh bin Baz menjawab,

Tidak ada salahnya bagi kaum lelaki atau pun wanita untuk mengenakan cincin perak. Cincin perak tersebut juga boleh dikenakan di tangan kanan atau kiri. Namun, lebih baik di tangan kanan, karena itu lebih mulia. Sebab lainnya adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengenakan cincin di tangan kanan, dan sesekali di tangan kiri. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah panutan sekaligus suri teladan.

Adapun cincin emas dan jam emas, tidak boleh dikenakan oleh kaum lelaki, namun hanya khusus bagi kaum wanita saja. Hal tersebut berdasarkan riwayat dalam hadits-hadits shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menunjukkan keharaman emas dan sutera bagi kalangan lelaki, namun tidak diharamkan bagi kaum wanita. Hanya Allah yang dapat memberikan taufik.

Sumber: Fatawa Syekh Bin Baz Jilid 1, Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Pustaka at-Tibyan.

(Dengan beberapa pengubahan tata bahasa dan aksara oleh redaksi www.konsultasisyariah.com)

🔍 Imam Mahdi Muncul Dari Indonesia, Pengobatan Santet Secara Islami, Ketentuan Shalat Jamak Qasar, Debat Islam Keristen, Meninggal Khusnul Khotimah, Cara Menjadi Imam Shalat

 

Flashdisk Video Cara Shalat dan Bacaan Shalat

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO CARA SHOLAT, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28