Bersuci, FIKIH, Ibadah, PERTANYAAN PEMBACA

Cara Tayamum yang Benar

tayamum sesuai sunnah nabi

Cara Tayamum yang Benar

Pertanyaan:

Assalamu ‘alaikum. Saya ingin menanyakan: bagaimana (cara) melakukan tayamum yang benar, dan apa dalilnya? Syukran (terima kasih).

Iqbal Tawaqal (iqbalel***@****.co.id)

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Bismillah. Tentang tata cara tayamum, disebutkan dalam riwayat berikut,

“Dari Ammar bin Yasir radhiallahu ‘anhu, beliau menceritakan, ‘Saya pernah junub dan tidak mendapatkan air. Akhirnya, saya berguling-guling di tanah, kemudian saya melaksanakan shalat. Lalu, saya ceritakan hal itu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau pun bersabda, ‘Kamu cukup melakukan seperti ini (beliau menepukkan kedua telapak tangannya di tanah, lalu beliau meniupnya, kemudian beliau usapkan di wajah dan dua telapak tangan [sampai pergelangan]).”” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diperbolehkan juga untuk ber-tayamum dengan menggunakan tembok, berdasakan hadis dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertayamum dengan menggunakan tembok, yaitu dengan mengusapkan telapak tangan ke tembok, kemudian beliau usapkan ke wajah dan telapak tangan (sampai pergelangan). (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits, (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Anda bisa melihat video cara tayamum sesuai sunnah nabi di bawah ini:

🔍 Doa Supaya Berjodoh, Doa Sambut Ramadhan, Doa Merubah Takdir Jodoh, Bacaan Doa Sebelum Akad Nikah, Singgasana Allah, Sholat Dzuhur Jam

QRIS donasi Yufid

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.