Bagaimana Cara Mendapatkan Rumah Secara Syar’i?

5146

Tanya:

Assalaamu’alaykum, ustadz, bagaimana solusi yang syar’i untuk membeli rumah? Kami tidak cukup sabar untuk mengumpulkan uang guna membelinya secara tunai, karena harga rumah semakin naik dari waktu ke waktu. Jazakallahu khair atas jawabannya ustadz. Barakallahu fiik.

(Abu Nabilah)

Jawab:

Wa’alaikumsalam. Wa fiika barakallah.
Allah ta’ala menguji kita dengan perkara yang halal dan haram. Yang halal meski sulit akan tetapi berbarakah, dan yang haram meski mudah di dapat tetapi jauh dari barakah.

Kewajiban seorang muslim bersabar dan berusaha mencari yang halal, semoga Allah ta’ala memberikan kita jalan keluar dari setiap perkara. Allah ta’ala berfirman:

(وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا(2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا(3) الطلاق 2-3

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.” (Qs. 65:2)

Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Qs. 65:3)

Diantara jalan keluar yang bisa saya nasehatkan:

  1. Berusaha menambah pendapatan.
  2. Membangun rumah yang sederhana.
  3. Membangun rumah dengan membeli yang diperlukan sedikit demi sedikit, mulai dari tanah sampai ke bahan bangunan, dan membangunnya secara bertahap, sebagaimana cara seperti ini sering saya dengar dari para ikhwah TKI yang bekerja di Saudi.
  4. Mencari orang yang meminjami kita uang untuk membeli rumah secara tunai, dan kita kembalikan kepadanya secara kredit tanpa riba. Namun orang yang seperti ini sulit dicari. Semoga Allah memperbanyak orang-orang kaya yang bersyukur dan baik hati.

    Akhir kata, jikalau Allah tidak mentakdirkan kita memiliki rumah sendiri di dunia, semoga Allah tidak mengharamkan kita untuk memiliki rumah sendiri di surga. Amin

    Wallahu a’lam.

    Ustadz Abdullah Roy, Lc.

    Sumber: tanyajawabagamaislam.blogspot.com